Cara Melacak (Tracking) Lamaran Kerja yang dikirim Via Pos


Cara Melacak Surat Lamaran Kerja Via Pos - Sebagaimana yang kita ketahui bahwa setiap perusahaan mempunyai cara masing-masing dalam rekrutmen karyawan/pegawai baru di perusahaananya, mulai dari tata cara mengiklankan informasi lowongan pekerjaan, cara mengirimkan lamaran kerja hingga proses seleksi.

Dalam hal pengiriman berkas lamaran kerja saat ini sudah bisa dilakukan dengan banyak cara, ada yang masih tetap mempertahankan cara dulu dengan mengantar langsung, ada yang sudah menggunakan jasa pengiriman pos, menggunakan email ataupun situs lowongan kerja online. Nah dari sekian cara, mana yang paling efektif menurut anda? Jika berbicara tentang nilai keefektifan, maka sangatlah tergantung dari ketentuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan dan dari pola rekrutmen perusahaan tersebut.

Saat ini pengiriman berkas surat lamaran kerja via pos masih menjadi salah satu cara favorit yang digunakan oleh banyak perusahaan dalam melakukan rekrutmen calon karyawan barunya. Bahkan pengiriman berkas lamaran kerja CPNS saja juga masih menggunakan jasa pengiriman pos ini.

Pengiriman lamaran kerja melalui pos memang dinilai masih cukup efektif bagi pihak perusahaan, karena dengan cara ini pihak perusahaan tidak lagi harus menyediakan tempat serta waktu untuk menerima berkas lamaran dari para pelamar. Namun di sisi lain, lamaran kerja yang dikirimkan via pos ini terkadang membuat sebagian pelamar merasa was was karena takut lamaran kerja yang dikirimkan tidak sampai ke perusahaan tujuan.

Maka tak jarang para pelamar mencari tahu bagaimana cara cek surat lamaran kerja yang dikirim melalui kantor pos apa sudah sampai atau belum. Nah untuk menjawab hal tersebut, ternyata pihak Pos Indonesia sudah menyediakan fasilitas untuk melacak paket kiriman kita. Jika anda ingin tahu bagaimana cara melacak kiriman via pos bisa disimak selengkapnya di bawah ini.

Cara Melacak Lamaran Kerja yang Dikirim Via Pos


1. Silahkan langsung menuju ke situs resmi Pos Indonesia di alamat posindonesia.co.id

2. Setelah terbuka, silahkan anda masukkan Nomor Barcode/Resi/Kiriman yang diberikan oleh pihak Pos saat Anda mengirimkan paket kiriman anda pada kolom yang tersedia, apakah itu berkas lamaran kerja, ataupun paket lainnya. (Lihat Gambar di bawah)


3. Masukkan juga kode keamanan yang muncul disampingnya.


4. Terakhir silahkan klik Cari Kiriman


Setelah itu akan ditampilkan posisi kiriman/status kiriman anda apa sudah sampai atau masih dalam proses pengiriman. Saya rasa dengan fasilitas tracking yang disediakan oleh Pos Indonesia ini kita kapan saja dan dimana saja bisa mengecek posisi paket kiriman kita dengan mudah dan cepat pastinya.

Jadi bagi anda para pencari kerja yang sebelumnya sudah mengirimkan berkas lamaran anda melalui pos, tidak perlu lagi merasa was was, atau takut surat lamaran anda tidak sampai ke perusahaan tujuan, karena dengan fasilitas ini anda dengan segera bisa mengetahui dimana posisi berkas lamaran anda.

Nah sebagai tambahan, bagi anda yang mau mengirimkan lamaran kerja via pos, ada sedikit tips yang bisa kalian lakukan supaya lamaran anda memiliki keunggulan dari para pelamar lain sehingga kemungkinan mendapatkan panggilan dari perusahaan menjadi lebih besar. Berikut tips mengirimkan surat lamaran kerja via pos:

Tips Kirim Surat Lamaran Kerja Via Pos Indonesia

1. Gunakan Amplop Besar/ Satu Folio

Tips pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan menggunakan amplop berukuran besar, artinya ukurannya bisa digunakan untuk memasukkan semua berkas lamaran kerja anda tanpa harus melipat berkas tersebut. Anda bisa menggunakan Amplop yang berukuran folio, tujuannya tidak lain ialah supaya berkas lamaran anda tetap terlihat rapi tanpa ada tanda-tanda lipatan. Sebab keadaan berkas lamaran keja yang rapi bisa menjadi salah satu penilaian juga bagi pihak perusahaan.

2. Tempelkan Nama Pengirim dan Penerima pada Amplop

Tips mengirimkan surat lamaran kerja via pos selanjutnya ialah dengan menempelkan Nama pengirim dan penerima pada amplop lamaran kerja anda. Tempelkan pada bagian depan amplop surat lamaran kerja anda. Tulislah nama anda dengan jelas disertai dengan alamat lengkap dan nomor yang bisa dihubungi. Tuliskan juga kepada siapa lamaran itu ditujukan, misalnya kepada HRD perusahaan, maka tulislah dengan benar sesuai dengan permintaan perusahaan tersebut.

3. Warna Amplop

Hal berikutnya yang harus menjadi perhatian ialah warna amplop yang anda gunakan untuk memasukkan semua berkas lamaran anda. Gunakan warna amplop yang umum digunakan, yakni yang berwarna coklat. Hindari penggunaan amplop yang berwarna-warni yang akan memberikan kesan tidak formal.

4. Pastikan Kelengkapan Berkas Lamaran

Tips mengirimkan surat lamaran kerja via pos berikutnya ialah dengan memastikan kelengkapan dokumen lamaran kerja anda. Jadi sebelum anda mengirimkan berkas lamaran anda. Silahkan cek kembali kelengkapan lamaran anda, apakah sudah sesuai dengan permintaan perusahaan. Namun jika perusahaan yang anda lamar tidak menentukan persyaratan dokumen secara khusus, anda cukup melampirkan dokumen-dokumen yang umum saja yang menunjang data diri serta kemampuan yang anda miliki, seperti Daftar Riwayat Hidup, Ijazah, Transkrip Nilai, KTP dan Pas Foto.

5. Gunakan Layanan Pos Express

Jika berkas lamaran anda dirasa sudah siap dan lengkap. Selanjutnya datangi kantor pos setempat dan pilih layanan Pos Express. Tujuannya ialah dengan layanan Express ini maka lamaran kerja anda akan cepat sampai ke perusahaan tujuan dengan aman dan nyaman pastinya.

Nah itulah Cara Melacak (Tracking) Lamaran Kerja yang dikirim Via Pos beserta tips mengirimkan lamaran kerja via pos yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bisa menjadi jawaban atas pertanyaa anda tentang cara cek surat lamaran kerja yang dikirim melalui kantor pos apa sudah sampai ke perusahaannya apa belum. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar