Cara Kirim File Dokumen Surat Lamaran Kerja Via Email


Cara Mengirim File Lamaran Kerja Via Email - Perkembangan dunia teknologi dewasa ini membawa dampak yang cukup positif bagi kita, dimana tidak sedikit pekerjaan kita menjadi mudah berkat bantuan dari teknologi-teknologi yang berkembang saat ini. Salah satu contohnya ialah dengan keberadaan email, dimana email ini bisa dimanfaatkan untuk mengirim file dokumen surat lamaran kerja kepada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Dengan cara ini kita bisa mengirimkan surat lamaran kerja hanya dari rumah. Jadi kita tidak perlu harus mendatangi perusahaan bersangkutan untuk mengantarkan lamaran, hal ini tentunya akan menghemat biaya dan tenaga kita pastinya.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan cara pengajuan lamaran kerja via email ini. Karena selain menguntungkan dari segi pelamar, ternyata pihak perusahaan juga cukup terbantu dengan pemanfaatan email tersebut. Dimana perusahaan tidak lagi harus menyediakan tempat dan waktu untuk menerima berkas-berkas pelamar yang dinilai kurang efisien. Maka dari itu, tidak heran jika banyak perusahaan mulai bertransformasi ke cara mudah dan efektif ini.

Mengirim lamaran kerja via email ataupun secara online baik menggunakan GMAIL maupun YAHOO mempunyai beberapa tips yang harus diperhatikan supaya mendapat panggilan dari pihak HRD perusahaan. Tips tersebut harus benar-benar anda ketahui jika ingin mengirimkan file dokumen lamaran kerja anda melalui email.

Sebenarnya tips mengirimkan file lamaran kerja via email yang saya maksud disini sangatlah sederhana. Namun tidak bisa kita pungkiri masih sedikit sekali pelamar yang salah dalam penerapannya sehingga wajar kalau lamaran pekerjaan yang dikirimkan tidak mendapat respon dari pihak perusahaan.

Nah oleh karena itu jika anda saat ini berencana untuk mengirimkan file ataupun dokumen surat lamaran kerja melalui email, maka alangkah baiknya jika anda simak terlebih dahulu beberapa tips berikut ini sebelum mengirimkan surat lamaran kerja melalui email. Dengan mengikuti tips sederhana ini mudah-mudahan lamaran pekerjaan anda akan mendapatkan respon yang positif oleh pihak perusahaan.

Tips Mengirim File Dokumen Surat Lamaran Kerja Via Email


1. Kirim File Lamaran Anda Menggunakan Email Profesional

Email profesional yang saya maksud disini ialah email yang terdapat nama anda di dalamnya. Misalnya nama anda “Andi Saputra” maka emailnya seperti andisaputra95@gmail.com atau andi.saputra@gmail.com.

Selain itu, email yang anda gunakan tersebut juga merupakan email yang dipakai untuk mendaftar berbagai akun sosial media anda, keperluan bisnis dan lain sebagainya. Email ini juga harus merupakan email yang masih aktif, artinya masih sering anda akses baik menggunakan komputer ataupun hp android.

2. Gunakan Subject dan Judul Email Yang Tepat

Tidak sedikit pelamar kerja di luar sana yang kurang memperhatikan Subject dan Judul Email yang mereka kirimkan ke HRD perusahaan. Padahal Subject dan Judul Email adalah hal yang paling utama yang akan dilihat oleh HRD perusahaan saat membuka Inbox email mereka.

Adapun subject dan Judul Email Lamaran Pekerjaan biasanya menggunakan format seperti berikut:

Lamaran Pekerjaan [Posisi yang dilamar] – Nama Pelamar

Contoh: Lamaran Pekerjaan [Administrasi] – Andi Saputra


Namun biasanya pihak perusahaan akan memberikan format mereka pada info lowongan kerja yang mereka promosikan. Jadi silahkan sesuaikan saja dengan permintaan perusahaan. Tetapi jika perusahaan tidak menyediakan formatnya, maka silahkan digunakan format di atas.

3. Body Email Singkat, Padat dan Jelas

Pada bagian body email biasanya akan diisi surat lamaran pekerjaan/surat permohonan kerja. Nah buatlah surat lamaran pekerjaan tersebut secara singkat, padat namun jelas. Selain itu buatlah menggunakan kaedah bahasa Indonesia yang baik dan benar (EYD).

Jika anda belum tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar supaya lamaran yang anda kirimkan bisa dipertimbangkan oleh perusahaan, silahkan baca panduan cara membuatnya beserta contohnya disini.

Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar Terbaru

4. Ukuran dan Format File Attachment Disesuaikan dengan Permintaan Perusahaan

Pada informasi lowongan pekerjaan yang dipublikasikan biasanya mencantumkan dokumen persyaratan yang harus dilampirkan, seperti Ijazah, Transkrip Nilai, KTP, KK, Surat Pengalaman Kerja, Pas Foto dan lain sebagainya. Jadi anda harus scan terlebih dahulu file dokumen tersebut, biasanya ada di jasa fotokopi.

File hasil scan ini biasanya berformat JPG dan ukurannya pun lumayan besar, jadi anda harus menyesuaikan kembali ukurannya sebagaimana permintaan perusahaan. Ada perusahaan yang bahkan hanya menerima ukuran file lamaran kerja maksimal 300 kb. Nah untuk cara mengecilkannya bisa dibaca pada artikel Cara Mengkompres File Surat Lamaran Kerja di Bawah 300 Kb.

Cara Mengkompres File Lamaran Kerja Di Bawah 300 Kb

Nah itulah beberapa tips mengirimkan file dokumen surat lamaran kerja via email yang bisa anda lakukan. Sekarang saatnya saya akan membagikan cara terbaru mengirimkan file lamaran pekerjaannya melalui email, mari simak di bawah ini.

Cara Mengirim File Lamaran Kerja Lewat Email



1. Silahkan buka Gmail.com dan login terlebih dahulu. Bagi yang belum mempunyai email, silahkan buat terlebih dahulu, caranya banyak kok dibagikan di internet, silahkan cari aja.

2. Setelah masuk, silahkan klik TULIS Lihat gambar di bawah ini.


3. Selanjutnya silahkan isi Email Tujuan (email perusahan/HRD Perusahaan) dan Subjeck Emailnya. Lihat contohnya seperti gambar di bawah ini.


4. Selanjutnya pada bagian body Email, silahkan anda tuliskan surat lamaran kerja anda.


5. Selanjutnya silahkan tambahkan lampiran file dokumen lamaran kerja yang sudah discan dan dikecilkan sebelumnya dengan cara klik icon lampiran, dan pilih file dokumen lamaran anda dan klik “OPEN”.


6. Silahkan tunggu sampai proses upload file lamaran kerja anda selesai dan terakhir klik KIRIM


Silahkan cek kembali email anda di kotak keluar apa sudah terkirim. Jika sudah, maka proses pengiriman file dokumen surat lamaran kerja via email sudah selesai. Sekarang tinggal menunggu panggilan dari pihak perusahaan, baik untuk tes tulis ataupun wawancara.

Jika anda mengikuti tips serta tata cara mengirimkan lamaran kerja via email sebagaimana yang saya bagikan di atas secara benar. Maka besar kemungkinan anda akan mendapatkan panggilan untuk mengikuti tes tertulis ataupun wawancara dari pihak perusahaan tempat anda melamar. Namun jangan lupa juga untuk berdoa, karena kekuatan doa juga bisa melancarkan serta mewujudkan apa yang kita inginkan.

Nah itulah tadi Cara Kirim File Dokumen Surat Lamaran Kerja Via Email yang dapat saya bagikan kali ini untuk anda. Semoga sedikitnya bisa menambah pengetahuan anda tentang cara mengirimkan lamaran kerja melalui email. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Berlangganan Lowongan Kerja Gratis langsung via email...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar