Lowongan Kerja Penipuan - Di jaman super sulit pekerjaan, lowongan kerja menjadi primadona. Karena para pemburu loker terus aktif mencarinya setiap hari. Alhasil, berbagai lowongan kerja penipuan pun bermunculan. Jika Anda adalah salah satu pencari lowongan kerja, pahamilah ciri-ciri lowongan kerja penipuan supaya Anda tidak menjadi korbannya.

Ciri-ciri info lowongan kerja penipuan sangat banyak. Namun, secara garis besar, ciri-ciri atau tanda-tandanya dibagi menjadi 4 macam. Dan berikut ini kami jelaskan ciri-ciri tersebut. Semoga bisa menjadi pedoman Anda dalam mencari kerja.

1. Website Penyedia Kerja Gratisan

Website gratisan bisa menjadi salah satu ciri-ciri lowongan kerja penipuan. Pasalnya, website semacam ini, tidak memiliki legalitas yang kuat. Dikhawatirkan, isi yang ditulis juga tidak legal, termasuk konten lowongan kerja yang ditawarkan.

Cara mencegah Anda tertipu dengan penipuan lowongan kerja online semacam ini, lebih baik kroscek terlebih dahulu laman atau website yang bersangkutan. Anda bisa melakukan sinkronisasi data website di Google Search. Atau dengan mengunjungi laman resmi perusahaannya. Dengan cara ini, legalitas website dan lowongan pekerjaannya bisa Anda monitor sendiri.

2. Penawaran Gaji Tidak Logis

Semua orang bekerja pasti ingin mendapatkan gaji yang besar. Apalagi jika ditambah dengan bonus-bonus menggiurkan. Akan tetapi terkadang ini dimanfaatkan oleh pihak tertentu, untuk melakukan penipuan-penipuan. Contohnya dalam bentuk penipuan lowongan kerja. Gaji besar plus bonus, diberikan sesuai dengan kerumitan kerja, serta fungsi pekerjaan itu sendiri. Jika lowongan pekerjaan untuk mengisi bidang profesi yang biasa-biasa saja, tetapi gajinya selangit, tentu lowongan itu patut dipertanyakan keabsahannya. Bahkan ini bisa dinyatakan sebagai ciri-ciri lowongan kerja penipuan. Hal yang wajar jika manajer perusahaan digaji Rp5.000.000 perbulan, namun menjadi tanda tanya besar jika ada lowongan pekerjaan sebagai Cleaning Service kantoran, gajinya mencapai besaran tersebut.

3. Permintaan Uang Tanpa Alasan Jelas

Ciri-ciri lowongan kerja penipuan selanjutnya adalah pihak penyedia meminta Anda membayar sejumlah uang. Jika menemukan loker semacam ini, Anda harus meningkatkan kewaspadaan hingga 100%. Sebab, indikasi lowongan tersebut adalah penipuan sudah mulai nampak. Apalagi alasan kebutuhan uang tersebut tidak masuk akal dan terkesan mengada-ada.

Anda diminta mengirimkan uang dengan alasan bermacam-macam. Umumnya, alasan tersebut diucapkan sebagai syarat administrasi. Namun, tidak ada penjelasan detail, serta tidak ditunjukkan catatan lengkap persyaratan administrasi tersebut. Yang paling aneh lagi, jumlah uang yang harus Anda bayarkan cukup besar. Dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

4. Lulus dengan Mudah

Dimanapun lowongan kerja ditampilkan, dan apapun bidang profesi yang ditawarkan, untuk diterima sebagai pekerja, pasti Anda harus melewati berbagai tahapan seleksi. Salah satunya adalah tes wawancara dan Tes Unjuk Kerja. Namun, jika tanpa tahapan tersebut lalu Anda sudah dianggap lulus, berarti ada masalah dengan lowongan kerjanya.

Lebih parah lagi, jika pengumumannya disampaikan melalui notifikasi Email gratisan dan personal. Ujung-ujungnya, penerimaan tersebut menjadi bersyarat. Yaitu, harus mengirimkan sejumlah uang. Lagi-lagi urusannya adalah uang.

Jika Anda menemukan gejala seperti ini, segera lakukan Searching Google. Cari informasi seputar lowongan kerja tersebut. Di sana akan Anda temukan berbagai testimoni dan review dari orang yang ikut melamar. Jika sebagian besar menganggap itu penipuan, lebih baik tinggalkan. Cari lowongan kerja yang lebih nyata dan legal.

Itulah 4 ciri-ciri lowongan kerja penipuan yang harus dicermati dengan baik. Bijaklah jika Anda menemukan loker dengan ciri-ciri diatas. Daripada menyesal karena kehilangan uang, lebih baik cari informasi sebanyak-banyaknya. Sebelum Anda mengatakan "Yes" dan “Go Work”.

Segala bentuk informasi lowongan kerja yang ada di sini tanpa dipungut biaya apapun, hati-hati terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan.

×

Informasi Terkait :

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

Jangan sampai ketinggalan update

Dapatkan pemberitahuan saat kami update lowongan terbaru hanya dengan menambahkan alamat email kamu.