Skip to main content

4 Contoh Curriculum Vitae yang Menarik


Untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan, selain surat lamaran kerja tentu Anda juga harus membuat Curriculum Vitae. CV yang menarik akan membuat HRD tertarik. Bagaimana cara membuatnya? Berikut ini ada 4 tips dan 4 contoh Curriculum Vitae yang menarik.

Bagaimana Membuat CV yang Menarik?

Salah satu fungsi dari Curriculum Vitae adalah untuk mempermudah pihak HRD melihat rangkuman profil serta kompetensi yang Anda miliki sebagai calon karyawan. Oleh karena itu, sebagai calon karyawan Anda harus memberi kesan yang baik dan menarik perhatian pihak HRD agar menerima Anda sebagai karyawan dengan cara membuat CV yang menarik. Bagaimana caranya? Berikut ini tips untuk membuat Curriculum Vitae yang menarik

1. Cari informasi lengkap tentang pekerjaan dan perusahaan

Anda ingin mencari pekerjaan yang bagaimana dan di perusahaan apa adalah langkah awal untuk membuat CV. Cari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan bidang yang Anda kuasai. Banyak informasi lowongan kerja di internet atau media cetak setiap hari. Anda juga bisa menanyakan kepada kerabat dan teman-teman tentang lowongan pekerjaan yang Anda inginkan.
Jika sudah menemukan pekerjaan, Anda harus perhatikan syarat-syarat dan kualifikasi yang diminta oleh perusahaan tersebut. Selain itu, Anda cari tahu visi misi perusahaan agar mengetahui garis besar gambaran perusahaan yang akan lamar. Setelah Anda yakin tentang perusahaan tertentu, buatlah surat lamaran serta CV yang relevan dengan data kondisi Anda.

2. Mengisi CV

Apa saja yang terdapat dalam CV kemungkinan masih ada yang belum tahu terutama para calon pekerja yang baru lulus sekolah. CV berisi informasi umum data diri serta riwayat hidup Anda. Namun, untuk Anda yang masih bingung, tidak perlu khawatir karena telah kami cantumkan contoh 4 contoh Curriculum Vitae yang menarik untuk memudahkan Anda.

Anda tinggal mengisikan data diri Anda meliputi nama lengkap, alamat rumah, nomor telepon/HP dan email. Kemudian informasi pendidikan mencakup pendidikan terakhir Anda, jurusan yang diambil serta IPK. Selanjutnya menjelaskan tentang informasi singkat karakter Anda dalam personalitas, lalu keterampilan, pengalaman kerja, penghargaan, pelatihan, dan informasi tentang hobi serta referensi lainnya yang ada kaitan dengan pekerjaan yang ingin dilamar.

Selain itu jika Anda membuat CV, ada beberapa desain dan template CV yang tersedia di internet dan bisa Anda unduh dengan mudah. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah, pilihlah template CV yang tidak berlebihan, layout rapi, dan perpaduan warna yang relevan. Setelah ketemu desain yang pas, Anda bisa isi sesuai format yang telah disebutkan diatas. Nah, 4 contoh Curriculum Vitae yang menarik yang kami siapkan sudah memenuhi kriteria ini.

3. Periksa lagi

Setelah CV Anda jadi, jangan lupa untuk memeriksanya kembali. Langkah ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahan yang Anda buat seperti salah ketik atau penuturan bahasa yang tidak sesuai EYD.

4. Menganalisa

Menganalisa Curriculum Vitae berfungsi untuk mempersiapkan Anda saat berhadapan langsung dengan staff HRD. Anda dapat berpura-pura jadi staff HRD yang sedang menganalisis isi CV Anda. Agar lebih meyakinkan lagi, Anda dapat meminta bantuan teman atau keluarga yang berperan sebagai HRD seolah-olah Anda sedang melakukan interview. Jika terjadi hal yang tidak tepat, Anda dapat langsung merevisinya. CV sudah siap, selanjutnya tinggal persiapan mental dan berdoa agar diterima.

Baiklah, dibawah ini telah kami sudah cantumkan 4 contoh Curriculum Vitae yang menarik. Anda dapat mengeditnya ulang dan mengisi sesuai data diri Anda. Selamat berjuang.

On Process
Follow instagram kami disini
Buka Komentar